Blog

Minyak Samin (Ghee): Sepuluh Manfaatya yang Menakjubkan

Minyak Samin (Ghee) merupakan minyak dengan taste khas. Masakan Arab dan India kenbanyakan membutuhkan minyak samin ini.

Bagimanakah pengaruh minyak samin (ghee) untuk tubuh kita? Berikut ulasannya.

Lemak, seperti halnya zat gizi lain, sangat dibutuhkan tubuh. Metabolisme dalam tubuh kita tidak akan berjalan normal tanpa peran lemak. Akan tetapi, mengkonsumsi lemak –dalam bentuk apapun—secara berlebihan juga berakibat buruk bagi kesehatan kita. Makin tua umur seseorang, makin penting untuk mengurangi konsumsi lemak ini. Jika Anda mempunyai keluhan penyakit tertentu yang harus diet ketat lemak, itupun harus ditunaikan dengan disiplin tinggi.

Ada beberapa jenis bahan makanan yang diketahui mengandung khasiat tertentu untuk tubuh manusia. Yang paling masyhur tentu Minyak Zaitun (Olive Oil) yang merupakan hasil bumi wilayah negara-negara Mediteranian. Indonesia juga memiliki minyak sehat yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa itu? Minyak kelapa murni (VCO)! VCO dihasilkan dari proses mendapatykan minyak dari santan kelapa tanpa melalui pemanasan.

Ada minyak lain yang diketahui memiliki manfaat sangat baguis bagi tubuh: Minyak Samin (Arab: Samn) atau di India dikenal dengan nama Ghee. Orang Arab dan orang India sangat suka menyertakan minyak samin (Ghee) ini dalam sejumlah besar jenis makanan mereka. Nasi-nasi seperti nasi lemak, nasi biryani, kebuli, dan nasi mandi tak pernah lepas dari minyak beraroma kuat ini. Beberapa kue di Timur Tenagh dan Benua India juga biasa dimakan bersama samin. Di Indonesia, sop kaki kambing Tanah Abang juga menggunakan minyak ghee ini sebagai penambah rasa gurih. Martabak Tegal juga memakai samin.

Paling sehat adalah ghee murni. Meskipun sehat, tetaplah kontrol dengan baik konsumsi semua jenis lemak. Di bawah ini sangat bagus untuk pengetahuan kita:

  1. Rendah lemak

Jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol, ghee adalah pilihan yang lebih sehat dibandingkan mentega karena rendah lemak. Hal ini juga karena lebih mudah dicerna. Penelitian telah menunjukkan bahwa ghee dapat mengurangi kolesterol dan serum dalam usus. Jika Anda mencari sumber yang baik dari lemak sehat, ghee adalah pilihan terbaik Anda karena terdiri dari lemak jenuh.

  1. Membantu sistem pencernaan

Ghee adalah sumber yang kaya asam butirat yang merupakan asam lemak rantai pendek. Asam ini terhubung ke respon imun yang dapat membantu dalam menurunkan peradangan dan memperbaiki sistem pencernaan. Ghee juga membantu dalam stimulasi sekresi asam lambung, yang membantu mencernak makanan. Tidak memperlambat pencernaan seperti lemak lainnya seperti minyak dan mentega.

  1. Memperkuat sistem kekebalan

Ghee juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Ini membantu dalam meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan lain yang Anda konsumsi. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa ketika asam butirat diproduksi secara memadai, mendukung membunuh produksi sel T dalam usus, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Menyediakan vitamin esensial

Ghee kaya akan vitamin A, D, E dan K,adalah vitamin yang larut dalam lemak. Mereka memainkan peran penting dalam fungsi sistem kekebalan dari jantung, otak, dan tulang. Juga memiliki banyak lemak makanan yang membantu tubuh Anda menyerap vitamin.

  1. Antikanker aan anti-inflamasi

Menurut peneliti, enema butirat dan suplemen butirat oral dapat digunakan untuk pengobatan yang efektif dari penyakit yang menyebabkan peradangan di perut, seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn . Ghee juga secara alami kaya akan CLA (conjugated linoleic acid) jika dibuat dari susu sapi yang diberi makan rumput.

Penelitian pada hewan dengan PKB telah menunjukkan peningkatan resistensi insulin dan potensi untuk melawan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami interaksi asam dengan manusia. Juga, diyakini bahwa konsentrasi tinggi asam butirat, yang memiliki sifat anti-virus, dapat menghambat perkembangan tumor kanker.

  1. Tidak menyebabkan alergi susu

Ghee dihasilkan dari mentega yang dimurnikan, yang berarti bahwa itu tidak mengandung padatan susu atau limbah lain dari produk susu. Kasein, yang merupakan protein utama dalam susu, ada dalam jumlah yang sangat kecil di ghee. Hal ini juga sangat rendah dalam kandungan laktosa. Jadi, jika Anda alergi laktosa atau kasein, Anda tidak perlu khawatir karena ghee tidak akan menimbulkan reaksi negatif.

  1. Menyediakan esensial lemak sehat

Tubuh Anda membutuhkan lemak tertentu untuk memastikan bahwa fungsi-fungsi vital dapat dilakukan. Fungsi-fungsi ini meliputi perlindungan dinding lambung terhadap asam pencernaan, mendukung otak, saraf, dan kesehatan kulit serta membran sel membangun dan memperkuat mereka. Manfaat ini diperoleh dari lemak dalam ghee tanpa minyak terhidrogenasi, trans-lemak atau kolesterol teroksidasi yang ditemukan dalam mentega dan minyak lainnya.

  1. Memiliki titik didih tinggi

Menurut ahli diet, ghee adalah bahan besar untuk memasak, terutama ketika untuk menggoreng makanan . Hal ini karena titik didih tinggi sehingg ghee berbeda dengan banyak minyak goreng lain,yang tidak terurai dan menjadi radikal bebas berbahaya atau menghasilkan asap beracun karena titik didih rendah. Titik didih ghee yang menekati 500 derajat Fahrenheit sedangkan mentega biasa adalah 350 derajat Fahrenheit.

  1. Membantu pengobatan luka bakar

Ghee adalah salah satu solusi alami paling dikenal untuk pengobatan luka bakar. Hal ini juga banyak digunakan untuk mengobati pembengkakan di bagian tubuh lainya. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada kulit. Jika Anda mengalami kulit kering yang parah, ghee juga dapat digunakan sebagai pelembab untuk kulit Anda serta kulit kepala Anda.

  1. Bebas bahan adiktif

Ghee murni, yang mengapa menjadi sarana untuk memasak yang sangat baik. Ini tidak mengandung garam atau seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap minyak terhidrogenasi yang hadir dalam mentega dan banyak minyak goreng lainya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan bahan pengawet atau aditif berbahaya lainya, karena benar-benar bebas dari mereka.

Seperti yang Anda sudah tahu, itu juga tidak mengandung trans-lemak. Karena tidak memiliki kotoran, sudah pasti yang harus dimiliki di dapur Anda.

Perlu diperhatikan:

Jangan mengonsumsi ghee jika Anda menderita penyakit jantung atau jika Anda kelebihan berat badan.

Jika Anda mengalami obesitas, yang terbaik adalah untuk menjauh dari ghee sepenuhnya.

Direkomendasikan jumlah harian lemak yang dikonsumsi adalah 10 – 15 gram per individu, sehingga tidak melebihi jumlah ini.

 

Sumber:  erabaru.net

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081804384774
X